Selasa, 22 Desember 2009

JADILAH KEHENDAK-MU

.... Datanglah Kerajaan-MU, jadilah kehendak-MU di bumi seperti di Sorga.... (Mat 6:10)
ayat ini merupakan penggalan dari Doa yang diajarkan oleh TUHAN YESUS kepada murid-murid-NYA, yakni Doa Bapa Kami.
banyak dari kita yang merasa sudah melakukan banyak hal-hal yang hebat dan luar biasa buat TUHAN kita. Namun, sering kali yang kita lakukan itu hanyalah suatu kesia-siaan karena kita tidak mengerti apakah kehendak TUHAN. Apa yg TUHAN ingin kita lakukan. Bahkan yang kita lakukan sering kali adalah hal-hal yang masih dalam zona kenyamanan kita.
TUHAN menghendaki bukan apa yang kita perbuat untuk DIA, tetapi apa kita telah melakukan kehendak-NYA atau tidak.
apakah kehendak TUHAN itu?
ada yang bilang kehendak TUHAN apa yang tertulis di kitab suci. Tetapi Kehendak TUHAN lebih dari itu. Kehendak TUHAN adalah segala sesuatu yang TUHAN ingin kita lakukan tanpa perlu kita bertanya apa maksud dan tujuannya.
ada banyak contoh yang TUHAN memerintahkan untuk kita melakukan apa yang nggak masuk akal dalam Alkitab. sebagai contoh yang paling ekstrim, menurut saya, adalah kisah mengenai Nabi Hosea.
Nabi Hosea suatu hari diperintahkan TUHAN untuk mengambil seorang PELACUR untuk menjadi istrinya.
Hos 1:2 Ketika TUHAN mulai berbicara dengan perantaraan Hosea, berfirmanlah Ia kepada Hosea: "Pergilah, kawinilah seorang perempuan sundal dan peranakkanlah anak-anak sundal, karena negeri ini bersundal hebat dengan membelakangi TUHAN."
kisah ini bukan berarti kita juga disuruh mengambil pelacur untuk menjadi istri kita. namun, ketaatan yang dilakukan Hosea bin beeri. hal yang patut diacungi jempol dari kisah Hosea ini, Hosea dengan segera dan tanpa pikir panjang mengambil Gomer Binti Diblaim sebagai istrinya (ayat 3). dan ketika orang-orang memberikan nama dengan arti yang terbaik untuk anaknya, Hosea menuruti TUHAN dengan memberikan nama yang bisa dibilang jelek untuk ketiga anaknya, yaitu: Yizreel, Lo-Ruhama, dan Lo-Ami yang masing-masing berarti Allah akan membalas, tidak ada kemurahan, dan Bukan umat-KU (ayat 4, 6, 9).

kisah Hosea adalah kisah mengenai seseorang yang taat walaupun harus dipandang hina oleh orang sezamannya. kitapun demikian. kita tak perlu dengar apa kata orang. biar kita dihina, dicaci maki, dijauhi, namun kita melakukan kehendak BAPA. sehingga melalui hinaan, cacian, pengucilan yang kita alami, TUHAN makin dimuliakan dan diagungkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar